Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

Seni Tari Wujudkan Desa Wisata

Adm | 05 Desember 2020 10:34:16 | Berita Desa | 39 Kali

Pelatihan seni tari dilaksanakan di Desa Tasiksono Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang (5/12/2020) kegiatan ini diadakan dan didanai oleh Dana Desa, jadi kegiatan tersebut sudah masuk di RKPDesa sehingga bisa didanai oleh Dana Desa.  Pelatihan seni tari ini mempelajari 7 jenis tarian diantaranya “tari topi, tari midat-midut, tari bondan, tari orek-orek, tari kidang, tari merak dan tari satria”. Pelatihan seni tari ini dilatih langsung oleh “Bapak Rohmad Wahid dan Ibu Ariyana Tri Wahyuni “ dari sanggar Asri Ana Budaya dari Desa Sendangasri.

Dari salah satu 7 jenis tarian yang dipelajari  salah satunya adalah Tari Bondan. Tari Bondan yang berasal dari Surakarta Tarian ini menceritakan tentang seorang ibu yang menyayangi anaknya. Sehingga tariannya pun terbilang simpel. Ciri khas tarian ini adalah para penari yang selalu membawa payung, boneka bayi dan kendi Pada zaman dulu tarian ini harus ditarikan oleh para kembang desa bertujuan untuk menunjukkan jati dirinya. Gerakannya pun tidak bilang rumit hingga datang sesi menegangkan ketika penari tersebut menaiki kendi, dan kendi itu tidak boleh pecah. Kostum yang digunakan untuk tarian ini adalah pakaian adat Jawa.

Kepala Desa Tasiksono Bambang Widodo berharap kedepannya Desa Tasiksono akan menjadi suatu tempat wisata budaya dan pengembangan kesenian yang luar biasa, menjadi tempat pembelajaran seni dari berbagai daerah. Dan bisa mengisi acara Sedekah Bumi, Penyambutan Tamu, didukung dengan masyarakat-masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap seni. “Kita berupaya bagaimana nantinya kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik, budaya-budaya ditanamkan pada generasi sekarang supaya tidak luntur,” paparnya.

Semangat anak-anak dalam belajar seni tari ini patut diberi apresiasi yang sangat tinggi, dimasa pandemi ini pasti anak-anak bosan karena harus sekolah daring dan dirumah saja, kegiatan ini bisa mengisi waktu luang supaya mereka tidak sibuk bermain gadget. kesulitan diawal pelatihan pasti ada karena tari ini harus lahir dari bakat dan gerakan yang sangat lentur, keseruan berlatih dan keingintahuan yang membuat sulit itu menjadi mudah sehingga lancar dalam menghafal setiap gerakan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Desa Tasiksono Rt.02 Rw.01
Desa : TASIKSONO
Kecamatan : LASEM
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59271
Telepon :
Email : tasiksonolasemrbg@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung